Jumat, 30 Maret 2012

keindahan Pangandaran


RENGGANIS SI CANTIK DAN FOTO-FOTO DARI PANGANDARAN

Buat yang pernah membaca novel Cantik itu Luka dan menemukan tokoh bernama Rengganis si Cantik, ini adalah asal-usul sebenarnya. Di hutan lindung Pananjung, Pangandaran, terdapat goa dan mata air Rengganis. Siapa yang membersihkan badan di sana, konon bakal awet muda. Saya memotret mata air tersebut pada kunjungan saya ke Pangandaran, tempat saya dibesarkan dan orang tua saya masih tinggal, Lebaran 2009 lalu.
Ini pengumuman yang dipasang tak jauh dari mata air tersebut.
Legenda Pangandaran tak hanya itu. Untuk yang mencari jodoh, pegang salah satu batu ini (untuk lelaki, pegang batu berbentuk kelamin perempuan; untuk perempuan, pegang batu berbentuk kelamin lelaki).
Pangandaran memiliki beberapa pantai yang mengeliling tanjung Pananjung yang besar. Pantai Barat dan Pantai Timur, terpisah hanya 100 meter, yang menjadi jembatan antara hutan lindung Pananjung dan daratan Pulau Jawa. Untuk yang suka snorkling, bisa menyelam (dan menyewa alat) di Pantai Pasir Putih, Pangandaran.
Pantai Barat Pangandaran. Pengunjng biasanya berenang di sini.
Pantai Timur Pangandaran, dengan esplanade untuk nongkrong. Di laut ini, selain perahu nelayan, juga bisa dipergunakan untuk jetski dan banana boat.
Saya dan Patrick, sayang dia sudah mengeras menjadi karang:
Koboy bisa antar kamu keliling pantai Pangandaran:
Perkakas untuk berenang: ban pelampung dan bodyboard. Bisa disewa di sepanjang pantai barat, tempat pengunjung biasanya berenang.
Dan ini sunset di Pangandaran:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar